Latest Updates

5 manfaat puasa bagi kesehatan

5 manfaat puasa bagi kesehatan
Puasa merupakan ibadah wajib bagi setiap muslim khususnya saat bulan ramadan. Selain sebagai ibadah puasa ternyata bagus untuk k
esehatan. Berikut beberapa manfaat puasa bagi kesehatan.

1. Menurunkan kadar kolesterol
Puasa ternyata memiliki efek positif berupa penurunan berat badan. Seorang ahli jatung berkebangsaan Uni Emirat Arab mengatakan bahwa puasa dapat mengurangi kolesterol pada darah. Dengan rendahnya kolesterol dapat meningkatkan kesehatan jantung. Hal ini tentunya dapat mengurangi resiko serangan jantung dan stroke.

2. Detoksifikasi tubuh
Racun yang menumpuk dalam tubuh dapat terdetoksifikasi dengen puasa. Apabila kita puasa selama satu bulan penuh maka sistem pencernaan kita akan terdetoksifikasi selama satu bulan pula. Saat tubuh mengubah timbunan lemak menjadi energi maka racun dalam tubuh akan ikut terbakar bersamaan lemak tubuh.

3. Lebih maksimal menyerap nutrisi
Selama puasa tubuh akan lebih banyak menyerap nutrisi. Hal ini karena metabolisme akan lebih efisien sehingga jumlah unsur hara pada makanan terserap lebih banyak. Hal ini bisa terjadi karena peningkatan hormon adiponectin yang memungkinkan otot menyerap nutrisi lebih banyak.

4. Menurunkan berat badan
Menurunkan berat badan bisa dilakukan dengan menjalankan puasa. Untuk menurunkan berat badan puasa jauh lebih efektif dibandingkan dengan diet.

5. Meningkatkan kemampuan otak.
Beberapa ilmuan di USA menyimpulkan bahwa bisa meningkatkan faktor neurotrophic yang berasal dari otak. Faktor ini mendukung tubuh untuk memproduksi sel-sel otak sehingga fungsi otak dapat meningkat.

Semoga ulasan tentang manfaat puasa bagi kesehatan dapat menambah pengetahuan bagi kita semua.

0 Response to "5 manfaat puasa bagi kesehatan"

Posting Komentar